Risalah Qusyairiyah

Selanjutnya, teks matan yang pendek yang tidak mencapai 100 halaman bisanya disebut dengan risalah. Namun demikian, tidak semua risalah berisi kurang dari 100 halaman. Salah satu contoh teks matan risalah tasawuf yang lebih dari 100 halaman adalah teks tasawuf yang ditulis oleh Imam  Qusyairi yang disebut dengan Risalah Qusyairiyah. Dalam Risalah Qusyairiyah ini dihadirkan ajaran-ajaran tasawuf yang pembahasannya meliputi tentang masalah waktu, maqam, hal, qabab dan baasth, haibah, uns, tawajud, wajd, wujud, jama’, faraq, fana, baqa, ghaibah, hudhur, sahw, sakr, dzuq, syarab, mah, itsbat, sir, tajalli, muhadarah, mukasyafah, musyahadah, lawa’ih, thawali’, lawami’, bada’ah, hujum, talwin, tamkin, qurb, ba’d, syariah, haqiqah, nafas, khawatir, ilmu yaqin, ainul yaqin, warid, syahid, nafsu, ruh, sir, taubah, mujahadah, khalwah, uzlah, taqwa, wara’, zuhud, shamt, khauf, raja’, hajn, ju’, tarkus syahwah, khusu’, tawadlu’ mukhalafahtun nafs, hasud, ghibah, qana’ah, tawakal, sukur, yaqin, shabar, muraqabah, ridha, ubudiyah, iradah, istiqamah, ikhlas, shidiq, haya, huriyah, dzikir, fatwah, firasah, khalq, jud, sakha, ghiyarah, wilayah, du’a, faqir, tasawuf, adab, ahkamus safar, ma’rifat billah, mahabbah, syauq, hifdh qulubil masyayaik, sima’, karamatul aulia, washiyatul muridin, dan pembahasan matan Risalah Qusyairiyah ini diakhiri dengna menjelaskan riwayat singkat (biografi) tokoh-tokoh tasawuf seperti Abdullah al-Abhari, Ruwayim bin Ahmad, Ahmad Adami, Ibrahim bin Adham, Ali al-Isfihani, Hatim al-Asham, Abu Said al-Arabi, Abu Kahir al-Aqtha’, Ahmad al-Anthaki, Abu Hamzah al-Bazzar, Abu Sa’id al-Bisri, Abu Yazid al-Basthami, Syaqiq al-Balkhi, Muhammad bin Fadhal al-Balkhi, Abu Husain bin Banan, Ali al-Busyinji, Muhammad al-Turmudzi, Sahal al-Tusturi, Muhammad al-Tsaqafi, Ahmad al-Jariri, Ahmad bin al-Jala, Bannan al-Jummal, Bisyr al-Hafi, Umar al-Haddad, Ali al-Hadhari, Samnun bin Hamzah, Sa’id al-Hiri, Abdullah bin Khafiq, Ahmad  al-Kharraj, Abu Hamzah al-Khurasani, Ahmad bin Hadhraweh, Ahmad bin Abil Hawari, Ibrahim bin Khawas, Abdarrahman al-Darani, muhammad al-Duqi, Ahmad al-Dainuri, Mimsyad al-Dainuri, Abdullah al-Razi, Yahya bin Mu’ad al-Razi, Yusuf bin Husain al-Razi, Ibrahim al-Riqi, Ahmad bin Athaillah al-Rudzabari, Ahmad bin Muhammad al-Rudzabari, Muhammad al-al-Zujai, Abu Bakar al-Zaqaq, Siri al-Saqthi, Abul Abbas al-Siari, Dilf al-Syibli, Bundar al-Syairazi, Muhammad bin Khafif al-Syairazi, Abul Hasan bin al-Shani’, Daud al-Thai, Abu Bakar al-Thilmistani, Manshur bin Imar, Fudhail bin ‘Iyad, Ibraahim al-Qirmisani, Mudhafar al-Qirmisani Hamdun al-Qashar, Abu Ali bin al-Katib, Muhammad al-Katani, Ma’ruf al-Karkhi, Syah al-Kurmani, Haris al-Muhasibi, al-Junaid bin Muhammad, Abdullah al-Murta’is, Ali al-Muzayin, Ahmad bin Masruq, Dzun Nun al-Mishri, Sa’id al-Maghrabi, Muhammad al-Maghrabi, Amr al-Maki, Abdullah bin Manazil, Ismail bin Najid, Askar al-Nakha’i, Khair al-Nassaj, Ja’far bin Nashr, Ibrahim al-Nashruabadi, Ishaq al-Nahrujuri, Ahmad al-Nuri, Muhammad al-Wasithi, Muhammad al-Warraq, dan al-Husain bin Yazdaniar (Risalah al-Qusyairiyah, 2009)

Diterbitkan oleh

Muhamad Mukhtar Zaedin

Pengurus Pusat Konservasi dan Pemanfaatan Naskah Klasik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s