Ciungwanara

Disebuah Negara Cimais ada seorang patih yang bernama Patih Rayana. Patih Rayana sudah lama menjadi patih di Negara Ciamis namun tidak merasakan kebahagiaan sebagaimana layaknya para patih. Pada suatu ketika Sang Raja Ciamis pergi mengungsi untuk bertapa guna mencari petunjuk dari Hyang Widhi untuk kesejahteraan rakyat Ciamis. Tarak Tapa yang lama itu membuat Sang Raja menyerahkan kekuasaannya kepada Patih Rayana.

Dengan jabatan barunya sebagai Raja Sementara (Raja Pengganti), Patih Rayana merasa bahagia, bahkan terlalu bangga, sehingga Sang Patih akhirnya bertindak sewenang-wenang dalam menjalankan kekuasaannya. Tidakan yang dijalankan oleh Sang Patih sudah jauh melenceng dari garis-garis yang telah ditetapkan oleh Sang Prabu Ciamis yang pergi melakukan tarak tapa. Keseharian Sang Patih hidupnya hanya berfoya-foya dan menghambur-hamburkan harta kerajaan.

Sementara itu isteri Prabu Ratu Galuh Ciamis yang bernama Dewi Naga Ningrum yang masih ada di Keraton Galuh Ciamis sedang mengandung dan akhirnya melahirkan seorang putra yang sangat ganteng dengan nama Raden Arya Banga. Pada saat Dewi Naga Ningrum sedang menggendong Raden Arya Banga, tiba-tiba Prabu Ratu Galuh yang sedang bertapa datang ke dalam Keraton Galuh Ciamis.

Cerita semakin seru ketika Patih Rayana dan Prabu Galuh Ciamis bertemu dan membicarakan tentang keadaan keraton Galuh Ciamis yang selama ini ditinggalkannya untuk melakukan tarak tapa dalam rangka mencari wangsit dari Hyang Widhi untuk kesejahteraan rakyat Negara Galuh Ciamis. Dari situlah Ciungwanara muncul sebagai sosok yang menjadi penyelesaian konflik dan pemulih keadaan di Negara Galuh Cimais.

 

Dari Kecapi Sejarah disarikan oleh Muhamad Mukhtar Zaedin

Diterbitkan oleh

Muhamad Mukhtar Zaedin

Pengurus Pusat Konservasi dan Pemanfaatan Naskah Klasik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s