Anggara Anggana Anggini

Prabu Brawijaya seorang raja Majapahit sedang melakukan tarak tapa untuk memenuhi segala keinginannya di tepi muara. Dalam tarak tapanya, Prabu Brawijaya melihat seorang putri cantik jelita yang sedang berlayar di muara. Putri yang sangat jelita itu adalah putri yang berasal dari surga manik loka. Dengan perasaan hasyrat yang meluap untuk mendapatkan putri yang elok jelita itu, Prabu Brawijaya memetik buah Lowa yang ada ditepi muara dan melemparkannya ke muara agar di bawa oleh air berharap agar di ambil oleh sang putri.

Di sisi lain, sang putri yang sedang asyik berlayaran di muara tidak merasa ada seseorang yang sedang memperhatikan dirinya dan bahkan orang yang menginginkan dirinya telah melemparkan buah Lowa yang telah di isi dengan sir untuk mendapatkan keinginannya. Buah Lowa itu terapung di atas air diayunkan oleh ombak. Sang putri demi melihat buah Lowa yang merah itu membuat dirinya merasa lapar dan segera mengambil buah Lowa dan memakannya. Ada seribu rasa nimat yang tak bisa digambarkan dengan ungkapan dan bahasa. Sang putri merasa sangat bahagia yang tak terkira memakan buah Lowa yang sangat nikamta luar biasa itu. Akan tetapi alangkah kagetnya, tiba-tiba ada suara yang memperingatkan dirinya bahwa nanti dirinya akan hamil disebabkan memakan buah Lowa yang sudah diberi rasa sir.

Singkat cerita, pada sebuah tempat, sang putri menunaikan tugasnya dengan melahirkan kandungan yang berasal dari buah Lowa tersebut. Putri melahirkan tiga orang bayi yang masing-masing diberi nama Anggara, Anggana, dan Anggani.

 

Disarikan dari Kecapi Sejarah oleh Muhamad Mukhtar Zaedin

Diterbitkan oleh

Muhamad Mukhtar Zaedin

Pengurus Pusat Konservasi dan Pemanfaatan Naskah Klasik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s