Aksara Jawa

4. Aksarajawa

Kebudayaan adalah warisan luhur yang harus dilestarikan. Salah satu contoh peninggalan budaya yang di miliki Indonesia adalah Aksara Jawa. Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannya pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Tak hanya di Jawa, aksara Jawa ini rupanya juga digunakan di daerah Sunda dan Bali, walau memang ada sedikit perbedaan dalam penulisannya. Namun sebenarnya aksara yang digunakan sama saja.

Aksara Jawa sangat penting untuk dipelajari agar warisan budaya kita tidak punah. Kita sebagai penerus bertanggung jawab dalam melestarikan budaya  yang kita miliki. Aksara jawa digunakan dalam naskah kuno cirebon. Adapun aksara yang kita pelajari dalam pelatihan yang diselenggarakan Rumah Budaya Pesambangan Jati Cirebon adalah khusus aksara carakan atau aksara jawa saja. Pentingnya mempelajari Aksara ini adalah :

Pertama, Aksara Jawa adalah aksara yang hampir punah dan sangat jarang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, selain sebagai nama jalan-jalan yang ada di Kota Cirebon;

Kedua, Aksara Jawa merupakan aksara yang paling sedikit memiliki para ahli, penggemar, pengguna, dan peminat;

Ketiga,  Aksara Jawa merupakan  identitas jati diri bangsa yang dapat membedakan antara bangsa jawa dengan bangsa yang lainnya;

Keempat, Aksara Jawa merupakan aksara yang terbanyak dalam naskah-naskah Cirebon yang sebanding dengan Aksara Pegon atau Arab Jawi.

Diterbitkan oleh

Muhamad Mukhtar Zaedin

Pengurus Pusat Konservasi dan Pemanfaatan Naskah Klasik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s